Langkah selanjutnya (3)

27 04 2009

Bab 3

Biasanya bab 3 berisi tentang pembahasan dari permasalahan yang diajukan dalam penelitian. Jika permasalahan dalam penelitian yang diajukan dalam bab 1 ada 2 point, maka dalam pembahasan seharusnya hanya ada 2 point pembahasan masing-masing permasalahan. Kecuali untuk hal-hal tertentu misalnya permintaan dosen dan untuk jurusan studi pembangunan yang mengharuskan adanya analisis ekonomi yang lebih lanjut.

Sebelum melakukan pembahasan bab 3, diperlukan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang nantinya menjadi data penelitian yang akan dianalisis lebih lanjut. Kuesioner disusun berdasarkan teori yang berkenaan dengan permasalahan yang diteliti. Misalnya permasalahan yang diajukan adalah tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja karyawan, maka pertanyaan pokok dalam kuesioner adalah mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menurut teori. Jadi misalnya dalam teori menyatakan bahwa motivasi dipengaruhi oleh 10 faktor, maka pertanyaan pokok dalam kuesioner adalah berkenaan dengan 10 faktor tersebut (disertai dengan pertanyaan-pertanyaan seputar 10 faktor dengan maksud menambah dalam untuk tujuan mendukung dan mempertajam analisisnya).

Untuk bab 3 (khususnya yang menggunakan alat analisis tabulasi frekuensi) kamu dapat menggunakan tabel-tabel dari skripsi contoh yang ada beserta analisisnya dengan merubah frekuensi tanggapan responden namun tidak merubah hasil akhirnya (dengan maksud tidak mempengaruhi analisisnya). Atau dengan merubah jumlah responden (misalnya skripsi contoh responden berjumlah 30, maka pada skripsi anda responden ditambah misalnya menjadi 50. Ini tentunya akan merubah frekuensi dan persentasenya, lakukan penyesuaian isi tabel dengan analisis tabel namun sedapat mungkin tidak merubah alternatif persentase yang dominan. Tips Kuesioner sangat berkenaan dengan teori yang berhubungan dengan permasalahan yang diajukan dalam penelitian, sehingga tidak akan ada masalah jika kita mencontoh atau meniru kueisoner skripsi lain yang permasalahannya sama. Namun perlu diingat untuk mengubah kalimat-kalimat dalam pertanyaan tersebut dengan bahasamu sendiri, ntar kalo sama persis dibilang “plagiat” sama dosen.

Peringatan ; dosen membimbing banyak skripsi, namun adakalanya dia ingat skripsi yang memiliki persamaan terlalu banyak dengan skripsi yang sebelumnya sehingga sangat perlu bagi kamu untuk sebisa mungkin menyesuaikan kalimat dari isi skripsi orang lain dengan gaya bahasamu sendiri, OKE…


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: